Skip navigation

Ice cream sandwich.. Nyaaaaam.. Dari namanya aja udah terasa enaknya.. Sandwich + es krim.. Waaaaaw … Ups, bukan bukan itu yang mau gue tulis XD

Ice cream sandwich yang mau gue bahas di sini adalah Android versi terbaru untuk device Android yang beredar saat ini. ICS (Ice Cream Sandwich) secara official pertama kali diperkenalkan di Galaxy Nexus. Gue tertarik banget sama ICS karena screenshot di beberapa website benar-benar menggoda banget, dan akhirnya ICS ini pun mampir ke SGS2 kesayangan gue. Sebenernya ICS udah bisa diinstall di SGS2 sejak lama, tapi bukan yang versi officialnya. Nah kemarin ini pas lagi connect SGS2 ke PC gue buat mindahin foto, ada update firmware terbaru dan langsung gue cek ke Google untuk firmware terbaru ini, daaaaaan… yes !! Itu adalah update untuk ICS !!! Wah senang bukan kepalang.. Langsung update via Kies…. Errrr.. Ternyata tidak semulus yang dibayangkan, Kies gue error saat update sedang berlangsung, dan itu terus terjadi walaupun gue udah re-install Kies gw. Gak menyerah di sana, gue coba via FOTA tapi ternyata FOTA tidak menemukan update terbaru.. Lemes banget dah…

Mencoba mencari solusi dari masalah yang gue hadapi lewat Google, akhirnya ada solusi untuk menggunakan Odin. Awalnya gue pikir Odin itu cuma untuk flashing firmware unofficial, tapi ternyata bisa untuk firmware official juga. Berbekal tutorial dari Google dan juga kenekatan, langsung dah gue update SGS2 gue melalui Odin. Viola !! Gak sampai 10 menit update pun berhasil dengan sempurna !! Yeah !! Sedikit deg-deg an saat update karena tutorial gue berbekal Youtube dan Website yang penjelasannya dengan bahasa Inggris. Walaupun gue kira-kira ngerti apa yang ditulis atau dibicarakan, tapi tetap kurang pe-de rasanya XD Wah jadi curhat nih.. Btw, mungkin ada tutorial dalam bahasa Indonesia, tapi gue kebetulan cuma menemukan yang bahasa Inggris.. Hahahaha..

Ok kita lanjut ke SGS2 yang sudah menggunakan ICS Official ini. Tidak banyak perubahan tampilan saat pertama kali SGS2 gue beres booting dan masuk ke Home Screen. Hmm, gue sempet khawatir apa proses instalasi gagal? Ok langsung buka Application.. Dan ada perubahan ! Yeah, applications gue berantakan semua *facepalm* Application yang udah gue atur agar terlihat rapi dan disortir dengan folder, semua keluar mencari makan XD Kemudian gue buka Setting. Ups ! Ada perubahan tampilan di sini, angin segar menerpa hati gue yang galau melihat keadaan SGS2 gue yang mendadak berantakan seperti kapal pecah. Lanjut langsung ke About Phone, dan … Yeah ! Android Version 4.0.3 !! Ok, positif SGS2 gue sekarang udah mengusung ICS yang gue dambakan. Sedikit kecewa, ternyata icon battery di atas tidak berubah menjadi warna biru seperti Galaxy Nexus, tetapi tetap berwarna hijau, hanya icon signal yang berubah sedikit menjadi lebih keren menurut gue. Untuk tampilan gak terlalu banyak berubah, yang terasa langsung paling lock screen dan default applications. Kalau untuk performa sih, yang paling gue rasakan itu scrolling terasa lebih smooth dibanding sebelumnya. Untuk yang lain belum terasa, yah mungkin karena masih baru coba-coba yah.. Baru 3 jam gue pakai ICS saat post ini dibuat XD

Overall, gue cukup puas dengan ICS Official untuk SGS2, walaupun ada beberapa ekspetasi yang tidak tersampaikan karena sedikit berbeda dengan tampilan yang dimiliki oleh Galaxy Nexus >.< Tapi tetap gue gak nyesel dengan SGS2, karena sekarang udah mengusung Ice Cream Sandwich =D Thanks again to my girl friend ! Love you so much..

Ok, gitu aja sedikit cerita untuk ICS untuk SGS2. Cerita dari orang yang masih baru di dunia Android dan sekitarnya XD. Cao…

