Skip navigation

Hmm, sudah lama sejak terakhir menulis di blog ini.. Kali ini mau bikin tulisan lagi biar blog ini masih kelihatan hidup deh..
Setelah versi terakhir mereka dengan Ice Cream Sandwich, kali ini Android meluncurkan versi Android terbaru mereka, Jelly Bean. Versi ini merupakan versi yang paling banyak ditunggu oleh banyak pihak mengingat beberapa pihak menyatakan bahwa mereka tidak terlalu puas dengan performa yang diberikan oleh Ice Cream Sandwich. Lalu, apa saja keunggulan yang dimiliki oleh Jelly Bean?
Jelly Bean sendiri memiliki beberapa fitur utama baru yang cukup menggoda. Diantaranya adalah :

1. Google Now – Fitur ini merupakan fitur yang dinyatakan sebagai fitur andalan pada Jelly Bean. Google Now memungkinkan anda untuk mencari berbagai jenis informasi seperti cuaca, informasi waktu konser, bahkan sampai skor sebuah pertandingan secara real time.

2. Google Assistant – Fitur yang satu ini tentunya akan menjadi fitur favorit para pengguna Android. Bagaimana tidak, fitur ini memungkinkan anda untuk dapat merasakan sensasi melakukan perintah terhadap ponsel anda hanya dengan menggunakan suara seperti yang biasa kita lihat pada beberapa film di layar lebar akhir akhir ini.

3. Smart Widget – Fitur ini memungkinkan anda untuk dapat mengatur widget di home screen anda dengan lebih mudah. Sebagai contoh, ketika anda akan meletakan sebuah widget, namun tempat tersebut tertutup oleh widget lain, maka widget yang menutupi tempat tersebut akan bergeser untuk memberikan ruang kepada widget baru yang akan anda letakkan tersebut.

4. Screen Capture – Kali ini, untuk dapat melakukan screen capture, anda hanya perlu menekan tombol volume down dan tombol power secara bersamaan dan secara otomatis screen capture akan dijalankan.

5. Face Unlock with Liveness Check – Fitur ini merupakan pengembangan dari fitur yang sudah ada sebelumnya, perbedaannya adalah anda harus mengedipkan mata untuk dapat melewati pemeriksaan dengan wajah anda.

Sebenarnya masih banyak fitur baru lainnya yang disajikan oleh Jelly Bean, namun menurut gue, fitur fitur di atas merupakan fitur yang cukup menarik untuk dicoba.

=============================================================

Ok, curhat dikit… errr.. bukan cerita dikit deh, kalau curhat kesannya kaya lagi galau aja..

Setelah melihat berita mengenai Jelly Bean, langsung lah gue senang dan berharap SGSII gue bisa segera merasakan Jelly Bean. Tapi, yah seperti biasa, sistem operasi baru tentunya baru ada di ponsel baru juga. Jadi untuk SGSII masih harus menunggu sampai Android mempersiapkannya untuk SGSII gue.  Sedih sih, tapi gue gak menyerah begitu aja.. Langsung meluncur ke forum Android kesayangan gue, apalagi kalau bukan XDA Developers.. Langsung cek Sub Forum untuk SGSII dan baca baca.. Hmm, sayang banget ternyata untuk bisa merasakan Jelly Bean, gue harus root dan flash SGSII gue dengan custom ROM. FYI, SGSII gue masih pakai ICS official dan belum di root waktu itu. Alasannya, gue masih belum berani buat coba coba gituan. Tapi ngebet pingin coba Jelly Bean, akhirnya gw putuskan untuk root sekaligus flash SGSII gue. Akhirnya setelah memilih milih, gue pilih JellyBam untuk custom ROM pertama gue.

Untuk proses root dan flash, nanti bakalan gue bahas lain waktu yah. Tapi, sebagai catatan aja, setelah gue melakukan root dan flash, gue malah ketagihan untuk melakukan flash terhadap SGSII gue, karena ternyata tidak sesulit yang gue bayangkan dan hasil yang didapatkan pun bener bener sesuatu yang baru dan bikin SGSII gue jadi gak ngebosenin. Setelah selesai melakukan flash, SGSII gue sekarang resmi (uhuk.. bukan resmi dari Samsung..) menggunakan Jelly Bean! Woah! Langsung coba oprek sana dan oprek sini.. Karena custom ROM tentunya bukan hanya fitur dari Jelly Bean, namun fitur dari JellyBam sendiri pun terinstalasi secara otomatis di SGSII gue. Baaaaah!! Gila gue langsung suka banget sama ROM yang satu ini. Walaupun sempat coba beberapa ROM lain, tapi untuk saat ini gue balik lagi ke JellyBam. Btw untuk fitur Jelly Beannya sendiri gue udah coba beberapa dan menurut gue, Jelly Bean memang lebih baik daripada Ice Cream Sandwich.

Leave a Reply

